CAMELIA MALIK & REYNOLD PANGABEAN

Camelia Malik (lahir di Jakarta, 22 April 1955; umur 54 tahun) adalah seorang penyanyi dangdut dan pemeran Indonesia. Mia, demikian biasa disapa, dijuluki sebagai "Diva Dangdut Jaipong". Hal ini karena tari jaipongan menjadi ciri khasnya saat membawakan lagu dangdut. Mia juga merupakan adik tiri dari musisi Ahmad Albar.

AWAL KARIR

Mia besar dalam lingkungan dunia perfilman. Ayahnya, Djamaludin Malik, adalah insan perfilman yang memiliki sebuah perusahaan film. Teman-teman ayahnya seperti Asrul Sani, Usmar Ismail, Fifi Young, dan Chitra Dewi, sering kumpul di rumah ayahnya. Mia mulai bermain film saat usianya baru 16 tahun. Film perdana dibintanginya bersama Rachmat Kartolo yaitu "Ratna".

KARIR MENYANYI

Awal karir artis berdarah Padang-Jawa-Arab ini di bidang tarik suara adalah pada awal 1970 saat suaminya (saat itu) Reynold Panggabean, menawarinya untuk menyanyikan lagu gubahannya, "Colak-colek". Lagu perdana Mia sukses besar dan melambungkan namanya pada deretan penyanyi top dangdut lainnya, seperti Rhoma Irama, Muchsin Alatas, Elvy Sukaesih, Rita Sugiarto dan Elya Kadham. Saat itu, musik dangdut yang kata sebagian orang “Musik Kampungan” mulai digemari masyarakat termasuk masyarakat Jepang dan Amerika Serikat. Hal itu bisa dibuktikan saat ia tampil dalam acara Live Show Camelia Malik di Shibuya Seed Hall, Tokyo, Jepang. "Telah Lahir Musik Baru", teriak histeris pemuda-pemuda Jepang, sambil bergoyang menikmati musik dangdut. Demikian pula di Kota San Fransisco, Los Angeles, dan New York.

Kesuksesan Album Colak Colek memperkokoh posisi Mia sebagai penyanyi dangdut. Bahkan lagu Colak Colek mendapat penghargaan dari Pusat Penerangan ABRI. Mia pun tampil membawakan lagu tersebut di Istora Senayan Jakarta. Dia tampil bersama Hetty Koes Endang, Elvy Sukaesih dan beberapa penyanyi yang sudah lebih dahulu terkenal. Mia pernah terpilih sebagai biduanita Melayu paling populer 1978 -1981.

Album-album Mia berikutnya antara lain Raba-raba, Ceplas-ceplos, Gengsi Dong, Wakuncar, Murah Meriah dan Colak Colek II. Album-album tersebut sukses di pasaran, bahkan banyak yang telah difilmkan. Selain aktif melatih vokal dan gaya panggung, Mia juga terus belajar di dunia yang pernah ditekuninya, film. Kemampuan akting Mia berkembang karena bantuan sutradara-sutradara yang mengarahkan film yang dibintanginya, terutama sutradara Nawi Ismail.

Dalam perjalanan karirnya, Mia pernah tampil dalam Festival Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) di Pangkal Pinang di penghujung tahun 2003. Ia juga telah berkolaborasi dengan banyak musisi dan penyanyi dangdut di antaranya Evie Tamala, Iis Dahlia, Rhoma Irama, Ahmad Albar, Muchsin Alatas, Elvy Sukaesih, Rita Sugiarto dan sebagainya. Mia sempat beberapa kali menciptakan tembang sendiri yang mengantarkannya menerima penghargaan sebagai penulis lagu terbaik versi Anugerah Dangdut TPI 1999.

KEHIDUPAN PRIBADI

Pernikahan Mia dengan salah seorang pendukung The Mercys, Reynold Panggabean, harus berakhir pada 2 Maret 1989, setelah bertahan selama 12 tahun.

Sekitar dua bulan setelah perceraiannya, Mia sudah dipersunting Harry Capri, seorang bintang film. Pernikahan tersebut dilakukan atas saran Rhoma Irama, yang sekaligus menjadi wali hakim dari Mia. Pertemuan Harry Capri dengan Mia terjadi saat pembuatan sinetron Rona-rona. Dalam perjalanan pernikahannya dengan Harry Capri, Mia sempat mengalami keguguran saat mengandung anak pertama. Namun akhirnya Tuahn menganugrahkan 2 orang anak kepada mereka.

Lagu-lagunya bisa Di Download di bawah ini:


Camelia Malik - Air Mata
Camelia Malik - Boleh-Boleh
Camelia Malik - Bulan Purnama
Camelia Malik - Cintamu Dan Cintaku
Camelia Malik - Colak Colek
Camelia Malik - Derita Bercerita
Camelia Malik - Deritamu Deritaku
Camelia Malik - Dusta
Camelia Malik - Gengsi Doong
Camelia Malik - Goyang Senggol
Camelia Malik - Hargai Cinta
Camelia Malik - Idih Idih
Camelia Malik - Kecup Kecup (Oh Asyik)
Camelia Malik - Kedap Kedip
Camelia Malik - Malu Tapi Mau
Camelia Malik - Mana Hatimu
Camelia Malik - Orang Kedua
Camelia Malik - Pura Pura
Camelia Malik - Sadarlah
Camelia Malik - Sampai Hati
Camelia Malik - Tidurlah Adikku
Camelia Malik - Ulang tahun
Camelia Malik - Wakuncar
Camelia Malik - Asmara Bukanlah Bunga
Camelia Malik - Gambaran semu
Camelia Malik - Idolaku
Camelia Malik - Kekasih Setia
Camelia Malik - Lautan Cinta
Camelia Malik - Nada Kasih
Camelia Malik - Pangeran Cinta
Camelia Malik - Rekayasa Cinta
Camelia Malik - Serasa
Camelia Malik - Mawar Ilalang
Reynold P & Camelia M - Gampang Gampang Susah
Reynold P & Camelia M - Murah Meriah
Reynold P & Camelia M - Pantun Jenaka
Reynold P & Camelia M - Sayangku
Reynold P & Camelia Malik - Aduhai
Reynold P & Camelia Malik - Goda-Goda
Reynold P & Camelia Malik - Wajib Belajar
Reynold Panggabean & Camelia Malik - Jelita
Reynold Panggabean & Camelia Malik - Raba Raba
Reynold Panggabean & Camelia Malik - Raba-Raba
Reynold Panggabean & Camelia Malik - Tujuh Syarat
Reynold Panggabean - Bunga Camelia
Reynold Panggabean - Kau Bukan lagi
Reynold Panggabean - Penggemis Cinta
Reynold Panggabean - Rancangan Pembangunan Lima Tahun
Reynold Panggabean - Selamat Berpisah

FILMOGRAFI


Diskografi
  • Colak-colek (1979)
  • Raba-raba (1980)
  • Ceplas-ceplos
  • Gengsi Dong
  • Wakuncar
  • Murah Meriah
  • Colak Colek II
  • Rekayasa Cinta (2002)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hits Dangdut 90' an

OM. AWARA Album VOL 13

DOWNLOAD LAGU TERBARU OKTOBER 2017