v>

A.MALIK BUZAID ALAMUDI

Atau yang biasa dipanggil A.Malik BZ.......dulunya tergabung dengan Orkes Gambus Al Ittihad Sepanjang sidoarjo sebelum bergabung dengan OM Sinar kemala.......Beliau bisa memainkan alat musik acordion,piano,dan terompet dan saxsofon...........selain lagu keagungan tuhan lagu lagunya yang lain antara lain air mata kekasih,setoran bemo,minta kawin ,warung kopi,terimalah,mertua cerewet,albumnya yang terbaru di nyanyikan Maria Eva Pelangi senja,beliau juga kerja sama dengan Avina Sholeh,Imrom Sadewo,Fris Arsudi ( Moneta ) dlm mengerjakan Album Orchestra Walisongo Tahun 1999.
Dalam artikelnya bang Malik menulis Pada tahun 1900 di Surabaya berdiri Orkes Keroncong versi Melayu dibawah pimpinan Abdullah Bamusaham di kampung Nyamplungan gang 10 Surabaya. Lagu ciptaannya yang paling popular justru “Sang Bulan”.
pada tahun 1936-1938 Orkes Gambus Syeikh Albar dan sudah membuat sebuah album yang judul lagunya “Marot Masak". Rekamannya di Surabaya dengan Piringan Hitam engkel, pada jaman Belanda.
Pada tahun 1948-1949 berdirilah Orkes Gambus Alfan dibawah pimpinan Ali Bahasuan. Orkes tersebut bertahan sampai 1952 dan bubar menjadi OM. Sinar Kemala yang di bawah pimpinan A. Kadir, yang menghasilkan banyak album dan lagu yang paling popular dan terkenal adalah lagu “Keagungan Tuhan” ciptaan A. Malik B.Z. yang membuat orkes Sinar Kemala menjadi terkenal di penjuru tanah air Indonesia dan juga di luar negeri. OM. Sinar Kemala bertahan sampai pada tahun 1982, pada tahun 1983 Sinar Kemala Bubar.
OM. Kenanga dibawah pimpinan Abu Bakar 1959-1960 juga menghasilkan album rekaman. Tapi pada tahun 1968-1969 OM. Kenanga bubar.
OM.Mahameru dibawah pimpinan Kusnan Jayadi berdiri pada tahun 1960, tetapi OM. Mahameru tidak menghasilkan album rekaman, tapi pada tahun 1965-1966 OM. Mahameru bubar.
OM. Remaja dibawah pimpinan Achmad Fauzi 1958 tidak ada album yang dihasilkan. Pada perkiraan tahun 1966-1969 OM. Remaja bubar.
OM. Kenangan Masa dibawah pimpinan Toha Fauzi, berdiri pada tahun 1958. Namun tidak ada album rekaman yang dihasilkan. Dan OM. Kenanga Masa berdomisili di daerah Malang , Jawa Timur. Pada tahun 1969 OM. Kenanga Masa bubar.
OM. Permata dibawah pimpinan Su’udin. OM. Permata telah menghasilkan album rekaman, dan lagu yang paling populer adalah lagu “Pak Lurah”. Perkiraan tahun 1974-1975 OM. Permata bubar.
OM. Sinar Mutiara dibawah pimpinan Fauzi berdiri pada pada tahun 1974 dan telah menghasilkan album yang di nyanyikan oleh Ida Laila. Orkes tersebut pecahan dari OM. Sinar Kemala. Pada tahun 1980 OM. Sinar Mutiara bubar.
OM. Awara berdiri pada tahun 1974 dan telah banyak menghasilkan album rekaman. Banyak lagu-lagunya yang populer, karena banyak mengambil lagu-lagu dari soundtrack film India . Pada 30 Maret 2005 Malik Bz mendapat penghargaan Nugraha Bhakti Musik Indonesia. “Beliau seniman yang luar biasa,” puji Iga Mawarni, juru bicara panitia. Tahun 2004 Malik Bz bersama pianis jazz Buby Chen, juga menerima penghargaan seni dari Gubernur Jawa Timur Imam Utomo.Malik Bz mengaku tak pernah meminta atau mengharap penghargaan.
Baginya, seniman itu harus tetap berkarya dalam kondisi apa pun. Dia juga aktif menjadi guru musik, menggembleng artis muda, aktif di Persatuan Artis Musik Melayu(PAMMI), jadi penasihat Dewan Kesenian Sidoarjo, serta tak lupa aktif di pengajian-pengajian. Dia juga menjadi wakil Indonesia dalam simposium musik di Brunei.Pada bulan juni 2009 saya berkesempatan untuk interview bersana bang Malik....beliau minta saya bikin sandiwara radio dan beliu siap untuk jadi sutradaranya,wah....ternyata bang Malik jago juga dalam dunia sandiwara guman saya dalam hati,tidak heran kalo beliau emang jago dalam menciptakan lagu.Kini bang Malik berdomisili di Jl.Kol Sugiono kureksari Flamboyan II Waru Sidoarjo,bersama putra putranya beliau mendirikan group gambus modern yang di beri nama MALIK DANCE GROUP.


ABDUL MALIK BUZAID

Nama populer: A. Malik Bz.
Lahir : Surabaya, 31 Desember 1944
Istri : Aisyah
Anak : 9 orang. Dua dari istri pertama, tujuh dari istri kedua.
Nama anak: Zed (alm), Rifki. Sofyan (alm), Yasir, Anas, Miqdah, Azhar, Mus'ab, Amru.

Alamat: Jalan Flamboyan II/21 Kureksari, Waru, Sidoarjo.

ORGANISASI
- Persatuan Artis Melayu Dangdut Indonesia (PAMMI) Jawa Timur
- Dewan Kesenian Sidoarjo
Anggota YKCI ( Yayasan Karya Cipta Indonesia ) Pusat
Anggota PAPPRI Pusat


PENGHARGAAN
- Anugerah Bakti Musik Indonesia, 2005
- Gubernur Jatim Imam Utomo, 2004
- Menteri Kebudayaan Belia dan Sukan Brunei Darussalam, 1994


Lagu Karya Cipta A. Malik BZ bisa Di Download Di Bawah Ini:


Air Mata Kekasih

Ada Gula Ada Semut

Aminah Mencari Jodoh


Comments

0 responses to "A.MALIK BUZAID ( A.Malik.BZ )"