v>
02.08 | Posted in , ,

PATROL yang sangat identik dengan bulan Ramadhan,adalah suatu kegiatan yang di lakukan orang pada waktu dini hari menjelang shur agar masyarakat tidak lupa untuk makan sahur,biasanya patrol ini di isi dengan bunyi bunyian dari berbagai barang mulai dari kentongan bambu khas orang ronda juga,panci,jerigen sampai alat music moderen.
Penulis tidak tahu kapan tepatnya music Patrol itu ada,tapi ada yang bilang bahwa music patrol sudah ada sejak Zaman nenek moyang kita,yang memang sejatinya orang Indonesia sudah terbiasa dengan yang namanya ronda pas waktu malam hari.
kini music Patrol berkembang pesat sejak tahun 1998 dimana kini kita membungan orang untuk makan sahur tidak hanya dengan memukul kentongan saja tapi dengan bunyi bunyian yang ada nadanya,jadi music patrol kini mengarah ke sebuah jenis aliran music.
Patrol kini di padukan dengan alat2 gamelan semacam kenong,gong,gambang,angklung dna lainya juga ada yang di padukan dengan alat2 Marching Band,jadi suara yang i hsilkan lebih enak dan juga bisa menghasilkan nada nada indah.
Pada bulan Ramadhan tahun ini banyak sekali event event lomba patrol mulai tingkat desa sampai jawa timur yang diadakan,mulai oleh mall,Ormas maupun Organisasi Politik,dan juga banyak sekali yang group music Patrol yang berlaga yang biasanya di koordinatori atau di bawah naungan REMAS,REMUSH,KARANG TARUNA,dan juga perusahaan yang memang bersedia jd sponsor.

DANGDUT PATROL
Dangdut Patrol adalah jenis music dangdut yang ada unsur music patrol,music ini berkembang dari daerah kawasan tapal kuda,Banyuwangi,Bondowoso,sampai maduran Iramanya yang Rancak membuat music ini di gemari banyak orang.
Tapi ada yang bilang dangdut Patrol itu adalah ya music Dangdut koplo itu,dengan mengutip pernyataan KABUL KAJATE dan SUKISNO HADI musisi asli surabaya yang menklaim bahwa music koplo itu adalah ciptaan mereka,mereka mengatakan bahwa music yng mereka ciptakan adalah music dangdut biasa yang di beri unsur patrol mereka memasukkan suara kentongan sebagai variasi suara gendang pada music dangdut mereka,dan mereka juga yang mengakui telah menciptakan dan merilis album dngdut koplo dengan Orkes Melayu PERMATA dengan penyanyinya Luluk Martha pada tahun 1998.
Kembali ke music patrol yang saat ini sedang booming di desa2 banyak sekali yang berlomba lomba menampilkan yang terbaik dalam aransemen musik mereka,jangan heran lagu apapun bisa dimainkan.....mulai dangdut,pop,rock,sampai campursari.....

DAFTAR GROUP PATROL DI SIDOARJO

  1. CIPRES ( Citta Persada.Pandean waru Sidoarjo )
  2. JULA JULI ( Payan Sedati Sidoarjo )
  3. ARSETO ( Trpodo Waru Sidoarjo )
  4. AL IKHSANUDIN ( Ngingas Waru Sidoarjo )
  5. ANTONG ANTONG ( Ngingas Waru Sidoarjo )
  6. SEDOLOR ( Wedoro Waru Sidoarjo )
  7. REMOTE ( Wedoro Waru Sidoarjo )
  8. THE BARBIES ( Gedongan Waru Sidoarjo )
  9. FLAMBOYS ( Kureksari Waru Sidoarjo )
  10. ASABELT
  11. MUHAJIRIN
  12. AL MUTTAQIN
  13. PRATAMA AJI ( Ngingas Waru Sidoarjo )
  14. OPO JARE

Comments

0 responses to "MUSIC PATROL"